Senin, 12 Mei 2008

Sistem Komunikasi Data

SISTEM KOMUNIKASI DATA

VPN atau Virtual Private Network adalah suatu jaringan private yang mempergunakan sarana jaringan komunikasi publik (dalam hal ini Internet) dengan memakai tunnelling protocol dan prosedur pengamanan. Dengan memakai jaringan publik yang ada, dalam hal ini Internet, maka biaya pengembangan yang dikeluarkan akan jauh relatif lebih murah daripada harus membangun sebuah jaringan internasional tertutup sendiri.

Namun pemakaian Internet sebagai sarana jaringan publik juga mengandung resiko, karena Internet terbuka untuk umum, maka masalah kerahasiaan dan authentifikasi atas data yang dikirim pun juga terbuka. Oleh karenanya VPN menjaminnya dengan penerapan enkripsi data. Sebelum dikirimkan, terlebih dahulu data akan dienkripsikan untuk mengurangi resiko pembacaan dan pembajakan data di jalan oleh pihak yang tidak terkait. Setelah sampai ke alamat tujuan, maka data tersebut akan di-deskripsikan ulang sehingga bentuk informasi dapat kembali menjadi seperti sedia kala. Selain memakai metode pengamanan enkripsi-deskripsi, VPN masih memakai kriptografi lainnya untuk mendukung pengamanan data.

GPRS (General Packet Radio Services) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer.

Kebutuhan komunikasi informasi yang semakin mobile dan tidak terbatas ruang dan waktu pun semakin mendesak. Salah satu solusi komunikasi informasi yang saat ini dipandang sebagai salah satu solusi terbaik adalah Unified Communications.Unified Communications sebagai salah satu solusi permasalahan komunikasi informasi dalam sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan produktifitas usaha, pelayanan konsumen maupun efektifitas fasilitas kerja yang mobile bagi karyawan.

Unified Communications sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah teknologi sistem komunikasi berbasis IP (Internet Protocol) yang dirancang untuk mengintegrasikan berbagai cara komunikasi, mulai dari telepon, fax, email, SMS, hingga audio/video conference ke dalam suatu wadah perangkat sentral.Dengan memakai Unified Communications, seorang karyawan atau pengguna dapat dengan mudah dilihat visibilitas-nya, apakah sedang dapat dihubungi atau tidak, hingga dengan cara apa yang terbaik untuk menghubunginya, semua dapat dilihat dengan mempergunakan Unified Communications.

Sesuai dengan namanya, melalui metode terintegrasi (unified), Unified Communications akan menyatukan seluruh perangkat komunikasi yang ada. Selanjutnya akses komunikasi dan informasi dapat dilakukan dengan hanya mempergunakan satu aplikasi antarmuka. Melalui cara ini, pengguna dapat melakukan panggilan via telepon sekaligus membaca email melalui satu aplikasi yang sama.

Dengan mengarahkan seluruh perangkat komunikasi ke perangkat sentral, maka semua penggunanya dapat dengan leluasa mengakses dari manapun, dengan cara apapun, baik melalui PDA, laptop, ponsel maupun PC masing-masing pengguna. Ini tentunya sangat bermanfaat dalam mengurangi kompleksitas dari perangkat komunikasi yang dipergunakan. Selain itu juga dari sudut pandang perusahaan, tentunya pemakaian Unified Communications ini juga sangat efektif dalam menekan angka investasi terhadap pemakaian berbagai macam alat komunikasi yang berbagai macam dan terpisah.

Tidak diragukan, Unified Communications dapat membawa sebuah solusi bagi pemecahan masalah komunikasi informasi di berbagai bidang usaha yang ada. Dengan kemudahan akses komunikasi informasi ini tentunya diharapkan produktifitas dan efektifitas kerja perusahaan juga akan terdongkrak dengan sendirinya.(dna)
Referensi

Tidak ada komentar: